sementara-ini

Minggu, 03 Mei 2009

quis

1. Sebutkan Pengertian SO dan Tujuan ?










1. Pengertian SO



Sistem Operasi adalah sekumpulan program control atau alat pengendali yang secara terpadu bertindak sebagai penghubung antara computer dengan pemakai.







  1. Tujuan SO







    1. Membuat computer menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan





    2. Sistem operasi memungkinkan sumber daya system computer untuk digunakan secara efisien





    3. Sistem operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang efektif , pengujian dan penerapannfungsi baru tanpa mengganggu layanan yang sudah ada.



2. Sebutkan dan Jelaskan Sudut Pandang SO?










SUDUT PANDANG SO










  1. Aspek Ukuran adalah





  2. Aspek Tujuan adalah





  3. Aspek Kegiatan adalah





  4. Aspek system Operasi adalah




3. Sebutkan dan Jelaskan Kelas SO?










KELAS SISTEM OPERASI










  1. Kelas 1. pemakai tunggal





  2. Kelas 2. operasi berbentuk tumpukan





  3. Kelas 3. operasi olahan segera( realiteme)





  4. Kelas 4. operasi multi proses





  5. Kelas 5. operasi berbgi waktu dan multi programming





  6. Kelas 6. operasi tersebar




4. Jelaskan dalam SO pengaturan sumber daya meliputi:










PENGATURAN SUMBER DAYA SO










  1. Pengaturan Memori







    1. mengawasi bagian-bagian memori, lokasinya, statusnya, besarnya, bila terpakai siapa pemakainya.





    2. menetapkan kebijaksanaan alokasi





    3. siapa yang berhak mendapatkan status bagian memori beserta lokasinya





    4. memperbaharui informasi tentang status bagian memori





  2. Pengaturan Prosesor







    1. mengawasi status prosesor





    2. menentukan proses yang mana dari beberapa proses yang sedang menanti atau menggunakan prosesor





    3. menyerahkan penggunaan prosesor dengan cara mengisi register-register yang perlu di isi





    4. menarik kembali pemakaian prosesor bila sudah tidak dipergunakan lagi





  3. Pengaturan Peralatan I/O







    1. mengawasi status peralatan I/O beserta pelengkapannya





    2. mengatur cara dan jadwal pemakaian peralatan I/O





    3. Menerima kembali peralatan I/O bila sudah tidak dipergunakan lagi.







  1. Pengaturan Informasi







    1. mengawasi berbagai informasi, yaitu mengenai statusnya, lokasi, penggunaannya dan sekuritinya





    2. menetapkan proses-proses yang boleh mendapatkan informasi tertentu





    3. melepaskan atau memberikan informasi , umpamanya dengan membuka suatu file tertentu





    4. menarik kembali dan menyimpan informasi.




5. Sebutkan dan Jelaskan Struktur Dasar SO










STRUKTUR DATA SISTEM OPERASI













  1. Struktur Sederhana





  2. Sistem Monolitik





  3. Sistem Berlapis





  4. Sistem dengan Mesin Maya





  5. Sistem dengan Client-server





  6. Sostem berorientasi objek







6. Gambar dan Jelaskan Skema Dasar Sistem Komputer baik hardware dan software?













A. SUMBER DAYA PERANGKAT KERAS

1. Pemrosesan
2. Memori Utama(Main Memori)
3. Perangkat masukan dan keluaran( Device I/O)
4. Inter Koneksi antar komputer

B. SUMBER DAYA PERANGKAT KERAS

1. Merupakan komponen non fisik berupa kumpulan program beserta struktur datanya
2. Program adalah sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan masalah-masalahtertentu sesuai dengan kebutuhan.

7. Sebutkan dan jelaskan waktu akses disk pada hardisk?









waktu cari: wktu untuk mencapai lintas atau yang dikehendaki
waktu mantap: waktu untuk hulu tulis baca menjadi mantap di lintas atau silinder
waktu latensi: waktu untuk mencapai hulu tulis baca
waktu salur: waktu untuk menulis atau membaca isi sektor

8. Sebutkan dan berikan contoh algoritma pengaksesan disk?














  1. Algoritma Pertama Tiba Dilayani(PTPD)



Proses pengaksesan akan dimulai secara berurutan sesuai dengan urutan tiba atau ,



kedudukan antrian.



contohnya:



diketahui antrian akses track dengan antrian awal 50



13, 46, 27, 95, 82, 9, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 7



setelah melakukan proses PTPD diperoleh



50, 13, 46, 65, 27, 95, 9, 17, 53, 1, 82, 2, 98 7










  1. Algoritma PICK UP



Pada algoritma ini hulu tulis baca akan membaca atau menuju ke track yang terdapat pada urutan awal antrian, sambil mengakses track yang dilalui.



Contohnya:



Antrian awal 50



13, 46, 65, 27, 95, 9, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 17.



Dengan menggunakan PICK UP diperoleh



dari 50 menuju lintasan 13 lintasan yang dilewati 46, 27, 17 sekalian dipungut. Sehingga selanjutnya tidak ke 46, tetapi ke 65 sekaligus memungut 53 dan 52. Karena 27 sudah diambil maka selanjutnya menuju 95, sekaligus memungut 82. Karena 82 sudah dipungut maka langsung menuju 1, dan setrusnya










  1. Algoritma Waktu Cari Terpendek Dipertambahan(WCTD)



Proses dilaksanakan terhadap track yang terdekat dengan hulu baca tulis (Shortest Seet Teme First/SSTF), diatas/dibawah kemudian mencari letak track yang terdekat diatas/dibawah dan seterusnya.



Contohnya:



Antrian awal 50



13, 46, 65, 27, 95, 82, 9, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 17



Dengan menggunakan WCTF diperoleh



Hulu baca tulis mulai dari 50 antara 46 dan 52 yang terdekat 52 sehingga menuju ke 52 selanjutnya dari 52 , antara 46 dan 53 yang terdekat 53 dan seterusnya.










  1. Algoritma Lock



Pada algoritma ini hulu tulis baca akan bergerak naik seperti pergerakan lift menuju antrian track terbesar pada disk sambil mengakses antrian track yang dilalui , kemudian turun menuju antrian track yang terkecil sambil mengakses track yang dilalui dan track yang telah diakses tidak diakses lagi.



Contohnya:



antrian awal 50



13, 46, 65, 27, 95, 82, 95, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 7



Dengan menggunakan Lock diperoleh



dari 50 menuju ke antrian track terbesar, yaitu 98. Selanjutnya menuju ke antrian terkecil 1 dan setrusnya.










  1. Algoritma Circular Look



Pada algoritma ini hulu tulis baca akan bergerak naik seperti pergerakan lift menuju antrian track terbesar pada disk sambil mengakseskan antrian track yang dilalui, kemudian turun menuju antrian yang terkecil tetapi tidak mengakses track yang dilalui, baru pada saat naik akan mengakses track yang belum diakses.



Contohnya:



Antrian akses awal 50



13, 46, 65, 27, 95, 82, 9, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 17



dengan Circular Look diperoleh



dari 50 menuju ke antrian track terbesar, yaitu 98. Kemudian menuju ke antrian terkecil 1, tidak diakses tetapi dihitung.Selanjutnya menuju ke 46, sisa lintasan yang belum diakses.






6. Algoritma Scan



Pada algoritma ini tulis baca akan bergerak naik sepertipergerakan lift menuju track terbesar pada disk sambil mengakses antrian track yang dilalui, kemudian turun menuju track yang dilalui, dan track yang telah diakses tidak diakses lagi.



Contohnya:



Antrian akses awal 50



13, 46, 65, 27, 95, 82, 9, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 17



Dengan Scan diperoleh



Dari 50 menuju kelintasan track terbesar 98. selanjutnya menuju kelintasan track1













  1. Algoritma Circular Scan



Pada algoritma ini hulu tulis baca akan bergerak naik seperti pergerakan lift menuju track terbesar pada disk sambil mengakses antrian track yang dilalui kemudian turun menuju track terkecil tetapi tidak mengakses track yang belum diakses.



Contohnya:



Antrian akses awal 50



13, 46, 65, 27, 95, 82, 9, 17, 17, 52, 53, 17, 1, 82, 2, 17, 98, 17



Dengan Circular Scan diperoleh



Dari 50 menuju ke lintasan track terbesar 98. Selanjutnya menuju ke lintasan track terkecil 1, tidak diakses tetapi dihitung selanjutnya menuju ke 46, sisa lintasan yang belum diakses







9. Jelaskan Apa yg anda ketahui tentang Proses didalam SO?










PROSES DI DALAM SISTEM OPERASI.






Proses merupakan konsep pokok di sistem operasi. Sehingga dapat dikatakan proses adalah program yang sedang diesekusi, memiliki sumber daya-sumber daya dan dijadwalkan kedalam system operasi, serta mengalokasi sumber daya keprose-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran system.






Kebutuhan utama pengendalian proses oleh system operasi dinyatakan dengan mengacu ke proses







  1. Saling melanjutkan (Interface), eksekusi proses-proses saling melanjutkan sanbil memberi waktu tanggap yang memadai.





  2. Mengikuti kebijakan tertentu, S.O. mengalokasikan sumber daya keproses-proses kedalam aplikasi atau fungsi tertentu yang mempunyai perioditas lebih tinggi sambil menghindari deadlock.





  3. Mendukung komunikasi antar proses dan pencipta proses, mengatur state, merekam perubahan, penjadwalan dan memutuskan alokasi penjadwalan sehingga membantu menstrukturkan aplikasi.









posted by lihatlah_ini at 20.14

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home